ANDA mulai nggak ´pede´ bertemu orang lain? Lebih nyaman berkomunikasi melalui media sosial ketimbang bertatap muka? Hati-hati berarti Anda mulai kecanduan menggunakan jejaring sosial Facebook.

Peneliti dari Universitas Bergen, Norwegia, telah mengidentifikasi enam tanda yang menunjukkan seseorang kemungkinan kecanduan Facebook.

Peneliti melakukan tes yang disebut Bergen Facebook Addiction Scale terhadap 423 siswa untuk membantu mengetahui apakah seseorang mengalami kecanduan terhadap media sosial tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan enam tanda seseorang kecanduan. Pertama, menghabiskan banyak waktu untuk berpikir tentang Facebook atau rencana menggunakan Facebook. Kedua, merasa harus menggunakan terus-menerus. Ketiga, memilih update status dan mengomentari orang demi untuk melupakan persoalan pribadi.

Keempat, gelisah dan merasa kacau ketika dilarang menggunakan Facebook. Kelima, berusaha mengurangi penggunaannya tapi terus gagal. Terakhir, pekerjaan dan studi terganggu karena asyik bercengkerama di jagat maya.

"Penggunaan Facebook telah meningkat pesat. Kami berhadapan dengan bagian dari kecanduan internet yang terhubung ke media sosial," kata Cecilie Schou Andreassen, yang memimpin penelitian tersebut.

Perempuan lebih berisiko
Kecanduan ini lebih banyak terlihat di antara kaum muda. Melalui penelitian ini juga ditemukan orang yang cemas dan merasa tidak aman secara sosial menggunakan Facebook lebih banyak. Kemungkinan, kata Cecilie, karena mereka merasa lebih mudah untuk berkomunikasi melalui media sosial daripada bertatap muka.

"Perempuan lebih berisiko mengalami kecanduan Facebook, mungkin karena sifat sosial dari Facebook," kata Andreassen seperti yang dikutip Live Science.

Selain itu, penelitian ini memperlihatkan orang yang terorganisir dan lebih ambisius cenderung tidak kecanduan Facebook. Mereka menggunakan media sosial sebagai bagian integral dari pekerjaan dan jaringan.

Hasil penelitian tentang kecanduan Facebook ini telah dipublikasikan di jurnal Psychological Reports.

BACA JUGA: