JAKARTA - Jumlah unit apartemen diperkirakan akan semakin bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan riset konsultan properti Coldwell Banker Commercial, setidaknya akan ada 1.600 unit apartemen sewa yang akan memenuhi Jakarta.

Menurut ahli tata kota, Tjuk Kuswartojo mengatakan pengembangan tersebuy merupakan sesuatu yang positif asalkan ada hal-hal yang harus diperhatikan terutama struktur bangunan.  "Pembangunan apartemen itu dampaknya positif, karena akan membuat kepadatan terhadap bangunan," ujar Tjuk Kuswartojo saat dihubungi melalui telepon, Rabu, (30/1).

Dia menjelaskan struktur bangunan tersebut adalah jika pembangunan fondasi apartemen menggunakan tiang pancang yang ditanam ke dalam tanah hingga tanah keras. Dengan proses tersebut, dapat mengantisipasi terjadinya penurunan tanah hingga terjadinya banjir. "Tanah jadi lebih longgar untuk dibuat sebagai sumur resapan air dan dapat sebagai cadangan air," ungkapnya.

Berdasarkan riset konsultan properti Coldwell Banker Commercial, pasar apartemen sewa di Jakarta terus mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari tingginya permintaan yang berasal dari banyaknya warga asing yang masuk untuk bekerja di Jakarta. Dalam beberapa tahun ke depan, diperkirakan akan ada sekira 1.600 unit apartemen sewa yang masuk dalam pasar Jakarta. Dari sembilan proyek apartemen sewa, enam di antaranya berlokasi di luar kawasan pusat bisnis atau central business district (non-CBD) area dan tiga lainnya berada dalam kawasan CBD.

BACA JUGA: