Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta agar investigasi peristiwa amblasnya belasan rumah di RW 04, Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan segera dituntaskan. Bahkan, pihaknya pun telah memerintahkan Walikota Jakarta Selatan dan Dinas Pengawasan dan Penertiban (P2B) DKI Jakarta untuk memanggil pengembang apartemen terkait peristiwa yang terjadi Senin (25/7) lalu.

“Saya sudah perintahkan Walikota Jakarta Selatan dan Dinas P2B melakukan investigasi. Jika memang ada kesalahan dari pihak pengembang apartemen tentu yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan,” ujar Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta, Jumat (29/7), dikutip beritajakarta.com.

Sementara itu, Kabag Perencanaan dan Strukturalisasi, Dinas P2B DKI Jakarta, Pandita mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan langsung di lapangan. Hasil dari investigasi yang dilakukan, memang ada kesalahan yang dilakukan pihak pengembang. “Informasi yang didapat dari lapangan memang terjadi kegagalan. Dinding penahan tanah juga sudah diteliti untuk kemudian diperkuat kembali agar tidak terulang kembali peristiwa serupa,” katanya.

Diungkapkan Pandita, pihak pengembang apartemen juga sudah melakukan pertemuan dengan warga untuk melakukan musyawarah. Kesepakatan juga telah dicapai, di mana, pihak pengembang bersedia memberikan ganti rugi kepada warga yang rumahnya longsor. “Kami sudah perintahkan kepada pengembang untuk melakukan perbaikan secepatnya. Mereka menyanggupi untuk memperbaikinya,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin (25/7) lalu, belasan rumah mengalami amblas dan longsor sepanjang 150 meter ke halaman parkir apartemen tersebut. Hal itu diduga karena bangunan pondasi tak tahan lagi menahan beban, sehingga terjadilah peristiwa amblas dan longsor tersebut.

(rif)

BACA JUGA: