ANAK usaha PT PLN (Persero), PT Indonesia Comnets Plus, telah menggandeng sejumlah pelaku industri dari berbagai segmen. Sejumlah perusahaan dengan kegiatan operasi yang terfokus pada penyediaan jaringan telekomunikasi pun digandeng oleh perseroan.

"Kerja sama itu antara lain dengan operator telekomunikasi, perbankan, institusi finansial, institusi pemerintahan serta pusat layanan publik," kata Public and Institutional Relation Manager PT Indonesia Comnets Plus (Icon+), Detty Elviany, di Jakarta, Rabu (23/5).

Detty mengutarakan, publik belum mengetahui bahwa Icon Plus mendukung pemain besar industri telekomunikasi serta bank swasta maupun pelat merah. "Mereka menggunakan jaringan Icon+. Kita menyediakan jaringan data," ungkapnya.

Menurut Detty, pada awalnya Icon+ adalah penyedia jasa jaringan telekomunikasi bagi induk usahanya. Seiring kebutuhan industri akan jaringan telekomunikasi dengan konsistensi availability dan reliability, perseroan mencium adanya peluang komersialisasi kelebihan kapasitas jaringan telekomunikasi ketenagalistrikan serat optik PLN di Jawa dan Bali.

"Saat ini perseroan telah melayani lebih dari 920 perusahaan pelaku industri utama di Indonesia," imbuhnya.

Dalam upaya menyediakan layanan yang andal selalu tersedia dan dengan down time minimal sehingga memenuhi service level agreement. "Icon+ didukung oleh SDM yang kompeten dan berpengalaman serta jaringan serat optik sepanjang hampir 89.000 km yang mencakup Sumatera, Jawa, Bali, NTT, Sulawesi, dan Kalimantan," kata dia.

Sesuai dengan visi yaitu menjadi penyedia jaringan terkemuka di Indonesia, pada 2008 perseroan melakukan ekspansi konektivitas jaringan telekomunikasi ke Sumatera dan wilayah terpencil di Indonesia, serta mengoptimalkan pendayagunaan hak jaringan ketenagalistrikan milik PLN yang mencakup seluruh wialayah nusantara yaitu "Right of Ways".

Didirikan pada 3 Oktober 2000 berfokus pada penyedia jaringan, jasa, dan konten telekomunikasi, khusus untuk mendukung teknologi dan sistem informasi PT PLN dan publik. Untuk itu perseroan mengadakan berbagai layanan unggulan seperti clear channel, multi protocol label switching (MPLS), akses internet broadband, Voice over Internet Protocol (VoIP) dan aplikasi perbankan.

BACA JUGA: