Berperan sebagai BJ Habibie di film terbarunya, Reza Rahadian mengaku itu bukan hal mudah. Demi mendalami perannya sebagai Habibie dalam film berjudul Habibie & Ainun, ia belajar dan melakukan berbagai pendekatan langsung dengan mantan presiden Indonesia itu.

"Secara pribadi, saya ke rumah beliau untuk mengenal sosoknya lebih dalam. Walaupun sempat nervous, tapi alhamdulillah semua berjalan lancar karena beliau bukan orang yang kaku, tapi ringan dan ekspresif. Membiarkan saya memanggilnya dengan sebutan eyang, agar saya tidak grogi saat berada di dekatnya," kata Reza, tersenyum, saat diwawancarai pekan lalu.

Lima jam berada di rumah Habibie, ia mengaku senang. "Saya diajak tukar pikiran, berkeliling rumahnya. Saat itu, saya melihat bagaimana cara eyang bicara dengan mempelajari suaranya. Saya melihat setiap detail gerakannya. Elemen itulah yang saya pelajari," tandas pria kelahiran Jakarta, 5 Maret 1987 itu.

Bukan tanpa alasan Reza mendapatkan peran ini. Tanggung jawab besar dipercayakan padanya. Tidak heran jika sebelum syuting, ia harus belajar bahasa Jerman karena 10 hingga 13 persen dialognya, menggunakan bahasa Jerman. Terlalu mendalami perannya, Reza mengaku jika dirinya mengalami sedikit kesulitan keluar dari peran tersebut.

"Lumayan menjadi PR (pekerjaan rumah) buat saya, karena memang cukup lama dalam proses pembuatan film ini, jadi sempat beberapa lama terbawa. Sampai sekarang, terkadang saya masih berbicara seperti logat eyang, makanya sedang mencari alternatif peran lain supaya tidak terlalu fokus di film ini lagi. Butuh kerja keras," ucap Reza.

Dan, akting Reza pun dipuji langsung oleh Habibie yang hadir dalam pemutaran perdana film yang bercerita tentang dirinya dan almarhum istrinya.

"Penilaian itu datang dari cucu saya yang melihat langsung syutingnya di Klaten. Mereka bilang, ´Eyang, kok jalan dan bicaranya (Reza) seperti eyang?´ Dan, setelah melihat filmnya, saya baru sadar kalau ternyata (gaya) jalan saya itu aneh, berbeda dari orang kebanyakan. Hehehe...," sambung Habibie, tertawa.

Wanita Indonesia

BACA JUGA: