Mengenal Tugas dan Fungsi Puskesmas

Minggu, 08 Januari 2017, 06:51:31 WIB - Tips

Puskesmas (ANTARA)

Pembaca Tips Hukum gresnews.com yang terhormat, dapatlah kita temukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di setiap Kecamatan di seluruh Indonesia. Lantas, bagaimana tugas dan fungsi Puskesmas tersebut? Tips Hukum kali ini akan mengulas tentang tugas dan fungsi Puskesmas. Namun, sebelum membahas substansi tersebut, akan dijelaskan apa itu Puskesmas.

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, bahwa Puskesmas bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat, mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu, hidup dalam lingkungan sehat dan memiliki derajat kesehatan yang optimal, baik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Dalam melaksanakan tugas tersebut Puskesmas menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:



1. Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) tingkat pertama di wilayah kerjanya

2. Penyelenggaraan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) tingkat pertama di wilayah kerjanya.

Komentar