Densus 88 Tangkap Dua Jaringan Abu Jandal

Senin, 19 Juni 2017, 17:30:24 WIB - Peristiwa

Personel Brimob mengawal petugas yang membawa kardus diduga berisi barang bukti usai penggeledahan di kediaman terduga teroris berinisial ATM di kawasan Tanah Merah, Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/6). Sejumlah kardus yang diduga berisi barang bukti diamankan dalam penggeledahan tersebut. (ANTARA)

Densus 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap terduga teroris. Densus membekuk Agus Trimulyono alias Pak Gun ditangkap usai salat Dzuhur di Masjid Umar, Surabaya.

"Pernah ikut pelatihan militer di Syiria," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Mapolda Jatim, Senin (19/6).

Dari informasi yang dihimpun, Agus Trimulyono (40) alias Pak Gun, yang tinggal rumah kontrakan bersama istri dan empat anaknya di perkampungan Tanah Merah, Kecamatan Kenjeran, Surabaya ini, sehari-hari bekerja sebagai penjual bumbu keliling.

Sebelumnys Densus 88 juga menangkap Sahrul Munif pada Senin pagi tadi di Malang. Kemudian, Sahrul dititipkan di ruang tahanan Markas Detasemen B Brimob, Malang.



"Keduanya pernah ke Syiria bersama dengan Abu Jandal, dan ikut pelatihan militer di dengan ISIS. Juga pernah mendeklarasikan ISIS," tuturnya.

Terbongkarnya jaringan Abu Jandal ini, karena adanya komunikasi melalui handphone dari salah satu narapidana teroris di Lapas Malang.

"Ini berawal dari komunikasi Febri ke kakaknya, pakai telepon di lapas. Memberitahu untuk menyampaikan pesan kepada ikhwan (panggilan persaudaraan di jaringan ini) di Mondoroko (wilayah di Kabupaten Malang). Pembicaraan ini yang akan ditangani Mabes Polri," kata Frans. (dtc)

Komentar