Jakarta - Adu balap perahu naga bakal meriahkan perayaan Tahun Baru Imlek 2563 pada 23 Januari mendatang di lokasi wisata Taman Impian Jaya Ancol. Tidak hanya itu, pengelola kawasan wisata di pesisir utara Jakarta itu pun akan menghadirkan atraksi kesenian barongsai serta lampion.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol, Winarto mengatakan, balapan perahu naga ini merupakan pertunjukan pertama kali yang digelar Ancol Taman Impian. "Ini masih eksibisi dan bukan pertandingan. Kami datang bersama teman-teman di Jakarta Utara yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Dayung Indonesia, agar masyarakat lebih mengenal perahu naga dari dekat," ujar Winarto, dikutip laman beritajakarta.com, Jumat (20/1).

Kegiatan ini dilakukan selama satu pekan Imlek yakni dari tanggal 22-29 Januari dan akan berlangsung di kawasan Danau Ancol dan Taman Lumba-Lumba. Selain itu ada pula lomba dekorasi oleh pedayung perahu naga, parade mengelilingi danau bersama pengunjung, dan lomba balap perahu pada pukul 13.00-17.00 WIB. "Kami akan evaluasi, bila tahun ini bagus, tahun depan kami akan terus menggelar balapan perahu naga ini," ungkap Winarto.

Selain menampilkan balapan perahu naga, pihaknya juga akan menampilkan atraksi Barongsai dan Liong dari sepanjang Marina hingga Dermaga Pantai Indah. "Giant Dragon adalah lampion berbentuk naga terbesar di Indonesia dengan panjang 150 meter. Kehadiran Giant Dargon serta simbol-simbol budaya Cina lainnya, diharapkan mampu menciptakan suasana yang khas dan berbeda bagi pengunjung saat merayakan Imlek di Ancol Taman Impian," terang Winarto.

Untuk menutup perayaan pekan Imlek di Ancol, rencananya akan ditutup dengan penampilan pesta kembang api musikal yang bertemakan "Dragon Light" pada Sabtu (28/1) yang akan dimulai pukul 20.00 WIB.

Ditambahkan Winarto, pada pekan Perayaan Imlek kali ini, pengelola Ancol menargetkan 15 juta pengunjung. "Pada tahun 2011, saat perayaan Imlek, Ancol dikunjungi sebanyak 14,5 juta pengunjung. Di tahun 2012 ini kami menargetkan sebanyak 15 juta pengunjung di Ancol," tandasnya.

BACA JUGA: