ANDA berniat kemana akhir pekan ini? Apabila belum ada rencana, bagaimana kalau kami rekomendasikan untuk wisata ke Bandung, tepatnya di Ciwidey. Kawasan wisata alam berhawa dingin yang tergolong masih ´perawan´ di antara banyak destinasi wisata di tanah Parahiyangan.

Lokasinya berada di selatan Kota Bandung, sekitar 30 km dari ibukota Jawa Barat tersebut. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan akses jalan yang menembus daerah Cianjur Selatan.

Destinasi wisata ini mudah diakses dari tol Cipularang maupun pintu tol Padalarang. Arahkan ke Cileunyi, lalu keluar di pintu tol Kopo menuju Ciwidey melintasi Soreang.

Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, mengingat rute jalan menanjak dan hanya mampu menampung dua kendaraan dari dua arah.

Bahasa Portugis
Nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis Kuno, dari kata Ciwi yang berarti buah kiwi dan Dey yang berarti hari. Sedangkan dalam bahasa Yunani Kuno nama Ciwidey berasal dari kata Ciwos yang berarti sapi dan Dos yang berarti lima.

Ciwidey dikenal sebagai daerah tujuan ziarah dan juga sebagai daerah penghasil produk-produk pertanian dan perkebunan. Objek wisata di Ciwidey anatara lain Situ Patenggang, Ranca Upas,
Kawah Putih, Highland Resort, Pemandian Air panas Cimanggu, Pemandian Air Panas dan Cottage Walini.

Ciwidey dikenal juga sebagai tempat lahirnya sapi berkepala lima yang disembah sekte Sapinisme yang berpusat di Rumah Sembah Sapi milik Raden Batubara. Raden Batubara adalah sosok yang disegani di daerah selatan Bandung karena pernah merebut hati seroang gadis desa yang cantik.

Sudah tertarik? Ikuti terus gresnews.com untuk mendapatkan detail destinasi wisata di Ciwidey.

BACA JUGA: