DEPOK - Ratusan orang yang terdiri dari BEM UI dan pedagang masih berkumpul di Stasiun Pondok Cina, Depok. Mereka ramai berorasi menolak penggusuran kios pedagang di stasiun tersebut. Dalam kesempatan tersebut, BEM UI juga membacakan rekomendasi Komnas HAM yang dikeluarkan Kamis, (3/1) yang berisi permintaan Komnas HAM agar PT. KAI menunda rencana penggusuran.

Suasana sempat memanas saat anggota LBH Jakarta, Haris Winarto, terpancing emosi dan memaki-maki anggota TNI dan Brimob. "Kalian tahu enggak sih tugas TNI, tugas Brimob, bukan menghalau rakyat," ujarnya, Jumat (4/1).

Seperti diberitakan sebelumnya, Komnas HAM merekomendasikan dan meminta PT. KAI menunda penggusuran pedagang di stasiun Jabodetabek dihentikan terlebih dahulu. Hal ini tercantum dalam surat edaran yang dikeluarkan Komnas HAM bernomor 011/K/PMT/I/2013 perihal penundaan penggusuran. Selain itu Komnas HAM meminta agar PT KAI segera mengirimkan data ,informasi, dan fakta terkait adanya kontrak antara PT. KAI dengan pedagang dan kebijakan revitalisasi sesuai dengan PP. No. 83 tahun 2011. Komnas HAM beranggapan negara wajib menghormati, memenuhi dan melindungi HAM sebagaimana ditegaskan dalam UU No. 39 /1999.

BACA JUGA: