Jakarta - Hari ini, Minggu (26/2), penumpang bisa naik bus Transjakarta di seluruh halte di 11 koridor secara gratis.

Pemprov DKI akan meluncurkan Program Gratis Naik Busway yang akan diluncurkan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, di Halte Tosari, Jakarta Pusat. Diharapkan sekitar 400 ribu warga Jakarta bisa menikmati program yang akan dijadikan agenda tahunan oleh Pemprov DKI tersebut.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, Muhammad Akbar, mengatakan Program Gratis Naik Busway baru dimulai tahun ini dan akan diupayakan diselenggarakan setiap tahun. Pelaksanaan program ini untuk menjangkau masyarakat Jakarta lebih luas lagi agar menjadi pelanggan tetap bus Transjakarta. Sebab, semakin banyak pengguna jasa bus Transjakarta, kemacetan di Jakarta semakin berkurang.

"Kami berharap dengan pengalaman naik dan menikmati perjalanan dengan bus Transjakarta, masyarakat beralih menjadi pelanggan tetap bus Transjakarta. Dengan begitu, kendaraan bermotor di jalan raya berkurang sehingga mengurangi kemacetan," kata Akbar, di Jakarta, Sabtu (25/2).

Untuk mencapai target 400 ribu warga Jakarta yang menggunakan bus Transjakarta saat Program Gratis Naik Busway, BLU Transjakarta akan menyiapkan sebanyak 485 bus di 11 koridor. Jumlah armada ini hampir sama dengan jumlah armada yang beroperasi setiap hari pada jam-jam sibuk. Pola operasional armadanya pun sama seperti hari kerja.

"Agar estimasi target tersebut dapat tercapai, kami sudah melakukan sosialisasi program ini dengan memasang spanduk, membagikan pamflet serta memasang pengumumang di seluruh halte. Kami harapkan langkah ini menarik minat masyarakat untuk menggunakan bus Transjakarta secara gratis besok," ujarnya, dikutip laman beritajakarta.com.

Akbar menambahkan, program ini dimulai pukul 05.00-23.00 di 11 koridor Transjakarta. Jumlah petugas yang dikerahkan sekitar 4.300 orang petugas untuk dua shift. Juga disiapkan petugas dari Dinas Perhubungan, Polda Metro Jaya, dan petugas BLU Transjakarta. Pengerahan petugas dari instansi lain untuk mengantisipasi terjadinya jumlah penumpang yang membludak di sejumlah halte.

BLU Transjakarta juga menyiapkan delapan mobil derek di lokasi-lokasi strategis untuk antisipasi bus mogok. Penempatan petugas patroli juga disiapkan lebih banyak dari biasanya. Petugas dibagi berdasarkan tipe halte, misalnya halte tipe A (besar) sebanyak 28 petugas, seperti di Harmoni, dan Kampungmelayu, kemudian tipe B (sedang) 22 petugas. Penumpang tetap mengambil karcis pada loket di halte, namun tidak perlu membayar.

BACA JUGA: