Jakarta - Hujan lebat disertai hembusan angin yang melanda wilayah Jakarta, Jumat (10/2) petang, menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Salah satunya adalah pohon akasia setinggi 15 meter dengan diameter 30 sentimeter yang tumbang menimpa sebuah halte bus Transjakarta di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.

Akibatnya, halte mengalami kerusakan dan aktivitas penumpang bus berjalur khusus di lokasi itu menjadi terganggu. Kendati demikian, tidak ada korban dalam insiden tersebut.

Salah seorang petugas patroli Transjakarta, Muchtar, menuturkan peristiwa tumbangnya pohon akasia itu terjadi saat ada satu unit bus Transjakarta yang tengah menurunkan penumpang. Tiba-tiba, angin kencang merobohkan pohon besar itu. "Kejadiannya sekitar pukul 14.45, saat itu hujan disertai petir dan angin bertiup kencang," tutur Muchtar, di Jakarta, Jumat (10/2).

"Anginnya muter, pohon tumbang sampai akar. Beruntung, semua penumpang sudah keluar," sambungnya.

Namun hingga pukul 16.45, belum ada satu pun petugas dari Sudin Pertamanan Jaksel yang datang ke lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang itu.

Kepala Suku Dinas Pertamanan Jaksel Heru Bambang, mengatakan, pihaknya memerlukan bantuan alat dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta. "Alat kita terbatas karena pohonnya cukup besar. Jadi harus menggunakan gergaji mesin lebih dari satu," kata Heru.

Selain di Ragunan, pohon tumbang juga terjadi di Jl Cilandak KKO. Pohon angsana setinggi 10 meter ambruk dan melintang di jalan. "Pohon angsana itu sudah terlalu berat bebannya karena rimbun. Sebetulnya sudah masuk program pemangkasan. Tapi itu sudah dibereskan," imbuh Heru, dikutip laman beritajakarta.com.

BACA JUGA: