JAKARTA - Mendikbud, Mohammad Nuh, mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tetap akan melanjutkan program rehabilitasi sekolah pada 2013 dengan total dana mencapai Rp1,17 triliun atau 1,6% dari total anggaran Kementerian sebesar Rp73,09 triliun.

"Biayanya tentu lebih kecil dari tahun sebelumnya, karena sekolah yang rusak berat sudah diselesaikan pada tahun anggaran 2011 dan 2012," katanya dalam siaran pers akhir tahun 2012, di Jakarta, seperti dilansir kemdiknas.go.id, Sabtu (29/12).

Seperti diketahui, sejak tahun anggaran 2011 lalu, Kemdikbud telah menganggarakan rehabilitasi sekolah cukup besar. Tahun 2012 misalnya, anggaran yang disediakan mencapai Rp7,6 triliun.

"Pengurangan jumlah anggaran ini karena memang sekolah yang rusak berat sudah selesai direhab pada anggaran sebelumnya. Tapi bukan berarti tahun ini tidak ada yang rusak, mengingat yang sebelumnya rusak sedang tahun ini bisa jadi rusak berat. Itu sebabnya program rehabilitasi sekolah terus berlanjut," katanya.

Mendikbud juga menjelaskan tentang kesiapan Kementeriannya melaksanakan pendidikan menengah universal (PMU) yang antara lain disiapkan pemberian BOS SM sebesar Rp4,91 triliun. Selain itu disipakan pembangunan unit sekolah-unit sekolah baru di jenjang pendidikann menengah (SMA/SMK).

BACA JUGA: