YOGYAKARTA � Sedikitnya 400 pelajar perwakilan 10 SMA/SMK Yogyakarta akan ambil bagian dalam Deklarasi Sekolah Indonesia Sejahtera yang dilaksanakan bersamaan dengan perayaan hari Sumpah Pemuda, Minggu, 28 Oktober. Rencananya, deklarasi disampaikan langsung di kawasan titik Nol Kilometer, Malioboro.

Salah satu penggagas acara deklarasi, Rahmat Hidayat mengatakan, deklarasi pelajar tersebut bertujuan untuk meningkatkan perhatian masyarakat dan pemangku kebijakan akan pentingnya keberadaan sekolah sejahtera yang tidak hanya fokus pengembangan intelektualitas tapi juga mengoptimalkan pengembangan potensi diri dan kesehatan mental siswa.

"Karena sekolah sekarang ini lebih cenderung pada pengembangan intelektualitas semata," kata Rahmat di Fakultas Psikologi, Kamis (25/10).

Peneliti Center for Public Mental Health (CPMH), Fakultas Psikologi UGM itu menjelaskan kriteria sekolah sejahtera sekurang-kurangnya memiliki empat syarat utama, meliputi, kondisi lingkungan sekolah yang sehat dan kondusif, interaksi sekolah yang baik dengan seluruh elemen sekolah, kesempatan siswa untuk mengaktualisasi diri dan mengembangkan potensi, serta status kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

400 pelajar itu akan menyampaikan empat butir isi deklarasi, yakni:

1. Pernyataan kecintaan pada tanah air

2. Komitmen menjunjung tinggi nilai budaya, disiplin serta adab dan etika

3. Berjanji untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan

4. Berkomitmen untuk saling menjaga dan tidak saling menjatuhkan

SUMBER: UGM.AC.ID

BACA JUGA: