JAKARTA - Pakar psikologi politik Universitas Indonesia (UI), Hamdi Muluk, mengatakan respons publik terhadap Gubernur DKI Jakarta Jokowi positif. Publik menilai Jokowi dapat diharapkan dan diandalkan.

"Jejak rekam Jokowi bersih sampai saat ini. Tokoh ini dapat diharapkan. Bukan karena jago teknisnya, tapi karena peduli dengan publik. Publik melihat apakah ada kemauan atau tidak dalam mengusung perubahan dan berani ambil keputusan. Situasi yang terjadi saat ini merupakan bulan madu antara publik Jakarta dengan Jokowi. Nah, apabila timbul pertanyaan, sampai kapan bulan madu dengan Jokowi?, itu tergantung Jokowi dalam public leadership, apakah memperlihatkan memenuhi ekspektasi publik atau tidak?" jelas Hamdi saat dihubungi via telepon Sabtu, (26/1).

Hamdi melihat persepsi publik terhadap Jokowi saat ini layaknya figur yang bersih. Dia juga menilai Jokowi merupakan seorang sosok yang diidamkan oleh masyarakat saat ini. Sehingga, kepercayaan dari masyarakat tersebut secara tidak langsung timbul dari akibat figur positif yang ditampilkan Jokowi.
Hamdi juga menambahkan bulan madu yang dikatakannya tersebut menjadi sangat relatif tergantung kemajuan kinerja dan program kerja Jokowi. Adapun beberapa program yang dicanangkan Jokowi merupakan program yang ditunggu publik sebagai pembuktian seorang Jokowi.

BACA JUGA: