BANDUNG - Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanuddin Muhtadi, memperkirakan tiga pasangan Cagub-Cawagub akan bersaing ketat dalam Pilgub Jabar 2013, karena ketiganya memiliki potensi dan modal popularitas dan elektabilitas.

"Feeling atau ´ramalan´ saya, tiga nama Cagub yaitu Aher (Ahmad Heryawan), Dede, dan Rieke yang kemungkinan besar tampil sebagai juara di Jabar," jelasnya, Kamis (20/12).

Menurutnya, Aher, Dede, Lex punya popularitas dan elektabilitas yang lebih unggul ketimbang dua calon lainnya. Dia menilai poin plus menaungi Aher lantaran berposisi sebagai incumbent dan punya pendamping tepat yakni Deddy Mizwar. "Kalau tak ada Deddy Mizwar, berat buat Aher," ucapnya.

Sedangkan Dede Yusuf, menurut Burhanudin, jarang ditemukan di Indonesia sosok wagub yang memiliki popularitas dan elektabilitas lebih unggul dari gubernur. Kini Dede yang mencalonkan jadi cagub bersama mantan Sekda Pemprov Jabar Lex Laksamana bisa berpotensi meraih kemenangan. "Tapi Dede punya lawan seimbang setelah Deddy Mizwar berhasil ditarik Aher," jelasnya.

Kehadiran Rieke jangan dianggap sebelah mata, sebagai cagub wanita satu-satunya yang meramaikan pesta Pilgub Jabar 2013, Rieke bisa menyalip Aher dan Dede. "Rieke memiliki popularitas karena keartisannya. Selain itu, punya track record positif sebagai anggota DPR RI. Ia didukung pendamping kuat yang selama ini dikenal pegiat antikorupsi. Rieke-Teten yang didukung mesin partai solid PDIP bisa mucul sebagai calon pemenang," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima pasangan sudah ditetapkan maju dalam Pilgub Jabar 2013. Empat pasang dari jalur partai politik yakni Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, Dede Yusuf-Lex Laksamana, Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, dan Irianto MS Syafiudin (Yance)-Tatang Fahranul Hakim. Satu pasangan berasal jalur independen yaitu Dikdik Maulana Arief Mansur-Cecep NS Toyib (Dikdik-Toyib).

BACA JUGA: