JAKARTA - Hasil quick survey Lembaga Survei Nasional (LSN) menunjukkan publik lebih menyukai figur muda dari kelompok oposisi sebagai pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng, daripada yang berasal dari setgap pendukung pemerintahan Susilo Bambang Yudhyono-Boediono.

Peneliti senior LSN, Gema Nusantara, di Jakarta, Jumat (14/12), mengatakan hasil quick menunjukkan mayoritas responden (51,6 persen) menghendaki Menpora baru pengganti Andi Mallarangeng tidak berasal dari partai-partai koalisi (setgab).

"Hanya 29,3 persen yang mengharapkan pengganti Andi Mallarangeng tetap berasal dari dalam Setgab. Selebihnya 19,1 persen menjawab tidak tahu atau menyerahkan keputusan soal Menpora baru kepada Presiden," jelas Gema. "Ini menunjukkan untuk memilih pengganti Andi Mallarangeng dan mungkin juga mengganti menteri-menteri yang dianggap kurang baik kinerjanya, Presiden dapat menimbang tokoh-tokoh dari partai non koalisi."

Nama-nama tokoh muda dari partai oposisi seperti Yuddy Chrisnandi (Partai Hanura), Puan Maharani (PDI Perjuangan), dan Fadli Zon (Partai Gerindra) banyak dipilih oleh responden. Sebaliknya beberapa tokoh muda dari partai koalisi pemerintah seperti Saan Mustopha (Partai Demokrat), Anis Mata (PKS), Romahurmuziy (PPP), dan Marwan Ja’far (PKB) malah tercecer di bawah (kurang diminati publik).

Gema mengatakan quick survey dilakukan terhadap 440 responden yang tersebar di 33 provinsi tanggal 11-13 Desember 2012. "Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan telepon," terang Gema. "Simpangan kesalahan (margin of error) dari quick survey ini adalah +/- 4,7 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen. "

BACA JUGA: