JAKARTA - Gabungan Organisasi buruh se-Jawa Barat (Jabar) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki pada Pemilihan Gubernur Jabar yang akan digelar Februari 2013.

Presiden seperti Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea, menerangkan dalam deklarasi dilakukan di Restoran Lebaksari, Kabupaten Karawang.

Lebih lanjut Andi mengatakan, ada beberapa serikat buruh seperti KSPSI, Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) bergabung membentuk sebuah organisasi relawan sebagai bentuk dukungan kepada Rieke-Teten yang bernama Relawan Rakyat Buruh Berjuang.

"Pimpinan serikat buruh dari seluruh daerah Jawa Barat sudah sepakat berkumpul disini menyatakan siap mendukung pasangan Rieke-Teten untuk maju menjadi Gubernur Jawa Barat," terangnya, Minggu (9/12).

Dia menambahkan, organisasi relawan buruh yang dibentuk nantinya akan bertugas untuk mengkoordinasikan semua potensi serikat buruh di Jawa Barat agar pasangan Rieke-Teten menjadi pemenang.

Selain itu, jutaan buruh di Jawa Barat nantinya akan diminta untuk datang ke TPS saat pemilihan dilaksanakan untuk meminimalisir adanya tindak kecurangan. "Kami akan meminta semua elemen buruh untuk mengawal pelaksaan pilgub ini di TPS agar semuanya berlangsung terbuka, jujur dan adil," terangnya.

Tak hanya memberi dukungan moril semata, kata Andi, dalam acara itu para buruh dengan sendirinya patungan mengisi kotak sumbangan yang di kelilingkan. Uang hasil dari kotak sumbangan itu diberikan kepada Rieke-Teten sebagai dana penunjang untuk sosialisasi dan kampanye dengan jumlah dana mencapai Rp1,3 juta.

Menyikapi dukungan penuh yang diberikan kaum buruh, Rieke mengaku terharu serta mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas apresiasi buruh yang menghendaki adanya pemerintahan Jawa barat baru dan bersih.

"Saya ucapkan terima kasih kepada kawan-kawan yang sudah membentuk relawan buruh untuk bersama-sama berjuang membentuk Jabar baru dan bersih," katanya.

BACA JUGA: