JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, masuk dalam lima besar calon presiden yang mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan. Hal ini merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) kepada dua ratus lebih opinion leader.

 "Karena mempunyai tugas konstitusional, kita tidak boleh lupa capres-cawapres itu juga harus memenuhi syarat konstitusional saat pertama maju yaitu diajukan parpol atau gabungan parpol sesuai dengan threshold di Undang-Undang Pilpres," kata Ketua Fraksi PDIP, Puan Maharani, dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (30/11).

Lebih lanjut Puan, mengatakan seorang tokoh yang mau menjadi capres sebelum bicara tentang negara. Harus terlebih dahulu bicara tentang konstitusi tepatnya syarat konstitusional untuk menjadi capres dan cawapres, mengingat hal ini penting agar rakyat tidak diberi harapan semu dengan berbagai retorika yang kedepankan rakyat tapi tumpul secara konstitusi yang menjadi dasar hukum kita bersama. "Rakyat Indonesia butuh harapan nyata dan bukan harapan semu," kata dia.

Meski mendapat poin tinggi untuk kategori ´calon presiden yang mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan´ secara total dengan kategori-kategori lain, Megawati berada di posisi tujuh. Di atas Megawati, berturut-turut dari nomor enam adalah Agus Martowardojo, Hidayat Nur Wahid, Sri Mulyani Indrawati, Dahlan Iskan, Jusuf Kalla dan Mahfud MD.

BACA JUGA: