JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali menggelar suvei. Hasilnya mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla dianggap paling mampu memimpin Indonesia untuk periode mendatang. JK, begitu ia akrab dipanggil, memperoleh skor 79 yang disusul dengan Ketua Mahkamah Konsitusi, Mahfud MD, dengan skor 74. Mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dengan skor 71 di urutan ketiga, dan Menteri BUMN Dahlan Iskan dengan skor 70 di posisi keempat.

Hasil survei LSI ini dipaparkan Direktur Eksekutif LSI, Kuskrido Ambardi, di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Selatan, Rabu (28/11). Menurutnya, survei digelar November 2012. Jumlah sampel 1.216 orang. Setiap tokoh yang disurvei dinilai dengan sejumlah ukuran kualitas personal. Penilaian setiap item dengan skor antara 1-100.

Sementara itu, kandidat presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto menempati urutan kelima dengan poin 67 yang diikuti Menteri Koordinator Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa dengan nilai 66. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri yang digadang-gadang akan maju di Pilpres dalam survei LSI kali ini hanya memproleh poin 64. Surya Paloh yang kabar-kabarnya akan maju di Pilpres dari Partai Nasdem hanya berada di posisi buncit dengan prolehan poin 60.

Berikut ini kualitas personal tokoh-tokoh dengan nilai 60 atau lebih, menurut opinion leader (skor 0 - 100):

Jusuf Kalla (79)
Mahfud MD (74)
Sri Mulyani Indrawati (71)
Dahlan Iskan (70)
Prabowo Subianto (67)
Hatta Rajasa (66)
Megawati Soekarnoputri (64)
Endriartono Sutarto (63)
Djoko Suyanto (63)
Wiranto (63)
Hidayat Nurwahid (62)
Surya Paloh (60)

BACA JUGA: