JAKARTA - Wakil Menteri Pertahanan Letjen (Purn) TNI Sjafrie Syamsuddin optimistis tudingan mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainuddin Maidin, bahwa mantan Presiden BJ Habibie sebagai pengkhianat tidak akan berpengaruh terhadap hubungan antara Indonesia dan Malaysia. Ia meminta Zainudin memegang teguh etika berkomunikasi.

"Saya kira secara makro tidak akan menjadi pengaruh hubungan kenegaraan Indonesia-Malaysia, tetapi etika itu hendaknya kita kembalikan kepada siapa yang memulai dan menyampaikan," kata Sjafrie di Gedung Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (19/12).

Menurut Sjafrie, hubungan kedua negara itu sangat ditentukan hubungan komunikasi antara kedua negara. Dia meminta Malaysia juga menghormati personal tokoh Indonesia yang notabene pernah menjadi Presiden.

"Bagaimana negara itu bisa bersahabat sangat dipengaruhi hubungan komunikasi internal. Ia hendaknya menghormati persoanality itu sangat penting walaupun itu tidak berkaitan langsung," jelas mantan Pangdam Jaya ini.

BACA JUGA: