Jakarta - Mantan Kapolda Metro Jaya, Nugroho Djayusman pesimis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mampu menyelesaikan kasus korupsi berskala besar, seperti kasus BLBI dan penyalahgunaan APBN.

KPK menurut Nugroho, selama ini hanya menangai kasus-kasus kecil. Sebagai lembaga superbody dan memiliki kewenangan yang tinggi, lanjut Nugroho, KPK seharusnya mengungkap juga kasus besar yang telah membawa bangsa ini ke dalam kondisi terpuruk.

“Jujur saja, yang ditangai KPK itu kasus kecil-kecil semua, kasus besar seperti BLBI tidak pernah disentuh, padahal kalau itu bisa ditangani negara dan rakyat Indonesia akan sangat berterima kasih pada KPK. Kasus korupsi kecil serahkan saja pada kepolisian atau kejaksaan,” tegas Nugroho ketika dihubungi wartawan, Rabu (3/8).

Seperti diketahui, ada beberapa tugas besar KPK yang hingga kini belum jelas hasilnya. Misalnya, kasus bailout Bank Century yang merugikan keuangan negara sebesar lebih dari Rp6 triliun, kasus penyalahgunaan keuangan negara dalam proyek di Kemenpora yang diduga melibatkan sejumlah kader Partai Demokrat (PD).

BACA JUGA: