Jakarta - Serikat Pekerja Telkomsel (Sepakat) menghentikan sementara aksi mogok kerja nasional mulai hari ini, Selasa (15/11) hingga 31 Desember 2011. Hal itu terkait penyelenggaraan KTT ASEAN 2011 dan Sea Games ke-26 di Jakarta dan Palembang, Sepakat akan menghentikan aksi mogok nasional.

Langkah tersebut juga didorong kekhawatiran terhadap dampak kualitas layanan dan kelangsungan karier karyawan.

Menurut Ketua Umum Sepakat, Achsinanto Risantosa, aksi mogok nasional yang dilakukan Sepakat sejak 10 November lalu berdampak pada penurunan kualitas layanan bagi sebagian pelanggan Telkomsel.

"Untuk menjaga kualitas layanan, pihak Sepakat menghentikan mogok kerja nasional sementara mulai 15 November sampai waktu yang akan diputuskan lebih lanjut," kata Achsinanto di Jakarta, Senin (14/11).

Sebagaimana diketahui, aksi mogok ini dilakukan karena adanya masalah realisasi Perjanjian  Kerja Bersama (PKB) antara manajemen Telkomsel dan Serikat Pekerja Telkomsel.

Hingga saat ini manajemen Telkomsel belum memenuhi kesepakatan PKB yang ditandatangani sejak 2008. Kesepakatan tersebut antara lain penyesuaian kesejahteraan karyawan berbasis inflasi dan jaminan kesehatan-pensiun. Tuntutan tersebut didukung sekitar 3.800 karyawan dari 4.500 karyawan Telkomsel di Indonesia.

BACA JUGA: