Jakarta - Rentetan skenario aksi demonstrasi karyawan PT Telkomsel ditengarai sudah merambah hingga perlambatan (slow down) kinerja operasionalisasi SDM di internal perseroan.

"Pola-pola slow down operasionalisasi pelayanan awak perusahaan itu merupakan skema yang lumrah terjadi dalam perjuangan serikat pekerja," ucap Ketua Presidium Nasional Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Bersatu, FX Arief Poyuono, saat berbincang dengan gresnews.com, di Jakarta, Kamis (10/11).

Kecurigaan adanya aksi slow down itu, kata Arief, terlihat dalam beberapa pekan terakhir dimana kualitas jaringan seluler dari operator terbesar itu merosot secara signifikan. "Saya sebagai pelanggan pascabayar Telkomsel, juga merasakan adanya aksi slow down yang dilakukan oleh pihak karyawan. Saya sudah mencium, dalam beberapa pekan terakhir kualitas jaringan seluler mereka memang sangat jelek," tegas Arief.

Arief mencontohkan, aksi slow down yang kerap dilakukan oleh SDM tatkala menyuarakan tuntutannya antara lain seperti terjadi di perusahaan penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia Tbk. "Beberapa waktu lalu, konsumen sering mengeluhkan adanya keterlambatan (delay) yang terjadi pada penerbangan Garuda," papar Arief.

BACA JUGA: