Gunung Lokon, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, baru saja meletus pada pukul 10.20 WIB. Getaran akibat letusan itu dirasakan hingga sejauh lima kilometer dari Tompuloan. "Masyarakat belum perlu mengungsi. Tapi, ada pelarangan aktivitas pada radius 2,5 kilometer dari Gunung Lokon. Kebetulan memang tidak ada pemukiman penduduk hingga radius tersebut," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Jakarta - Gunung Lokon, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, baru saja meletus pada pukul 10.20 WIB. Tinggi erupsi tidak diketahui karena tertutup awan.

Getaran akibat letusan itu dirasakan hingga sejauh lima kilometer dari Tompuloan. "Masyarakat belum perlu mengungsi. Tapi, ada pelarangan aktivitas pada radius 2,5 kilometer dari Gunung Lokon. Kebetulan memang tidak ada pemukiman penduduk hingga radius tersebut," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan pers yang diterima gresnews.com, Selasa (24/4).

Berdasarkan informasi BNPB, masih ada potensi erupsi susulan. "Tim Reaksi Cepat (TRC) BNPB sudah berada di lokasi untuk memberikan pendampingan kepada BPBD Sulut dan BPBD Kota Tomohon. Masyarakat diminta tetap tenang dan terus meningkatkan kesiapsiagaan," pungkasnya.