Syarat Penyampaian Laporan Kepada Ombudsman

Minggu, 19 Maret 2017, 07:00:00 WIB - Tips

Kantor Komisi Ombudsman Indonesia (Dok. Komisi Informasi)

Ombudsman merupakan lembaga negara yang berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan baik di pusat maupun di daerah termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMD, dan Badan Hukum Milik Negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik.

Selain itu, Ombudsman juga memiliki kewenangan diantaranya memeriksa dokumen, memanggil dan meminta keterangan penyelenggara pelayanan publik sebagaimana disebut di atas yang menjadi terlapor atas laporan dari masyarakat karena adanya dugaan maladministrasi yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia, syarat penyampaian laporan kepada Ombudsman adalah sebagai berikut:

1. Memuat nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, status perkawinan, pekerjaan, dan alamat lengkap pelapor.
2. Memuat uraian peristiwa, tindakan, atau keputusan yang dilaporkan secara rinci.
3. Sudah menyampaikan laporan secara langsung kepada pihak terlapor atau atasannya, tetapi laporan tersebut tidak mendapat penyelesaian sebagaimana mestinya. Perlu juga diperhatikan bahwa dalam keadaan tertentu, penyampaian laporan dapat dikuasakan kepada pihak lain.

Komentar