JAKARTA, GRESNEWS.COM - Dukungan kepada Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning terus mengalir untuk pencalonannya sebagai Menteri Kesehatan. Diantaranya orang-orang yang menjadi anak asuhnya, kaum difabel yang pernah dibantu, hingga relawan kesehatan.

Okta, salah satu anak angkat Ribka mengatakan, dirinya belajar banyak dari sosok politisi PDIP itu. Menurutnya sosok Ribka berani, jujur dan ulet menjadi idola bagi dirinya selama ini. Selain itu, Ribka juga sangat memperhatikan anak-anak kurang mampu sepertinya sehingga ia bisa melanjutkan sekolah bahkan hingga tingkat Strata 2.

"Banyak sekali saya belajar dan dapat ilmu yang bisa saya serap dari beliau (Ribka) untuk saya bagikan kepada adik-adik semua. Banyak hal yang saya dapat, kita harus berani, jujur dan ulet. Ini modal yang harus kita jalani sukses. Dan walaupun saya belum sukses, tapi di bidang pendidikan saya bisa selesaikan hingga S2," ujarnya di Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, (30/7)

Sedangkan Michael yang merupakan perwakilan dari kaum difabel mengaku Ribka telah membantu dirinya ketika ingin dioperasi di salah satu Rumah sakit. "Pada April 2010 saya menjalani operasi di Rumah Sakit. Dan yang menolong saya Ibu Ribka Tjiptaning. Beliau bertindak cepat untuk menolong saya," ujar Michael yang menderita tuna rungu tersebut.

Lain lagi dengan Eni yang mengaku sebagai relawan kesehatan. Perempuan yang berasal dari Penjaringan, Jakarta Utara ini mengatakan masih banyak kendala-kendala yang ia temui dilapangan. Salah satunya Rumah Sakit yang tidak ramah terhadap pasien, apalagi jika pasien tersebut menggunakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau Kartu Jaminan Sehat (KJS) non premi.

"Kami pernah ditahan di UGD cukup lama, hingga pasien putus asa, dan tidak betah," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa slogan yang menyatakan orang miskin dilarang sakit itu masih berlaku di Indonesia. Karena adanya diskriminasi pelayanan antara orang mampu serta orang miskin. Untuk itu ia berharap, jika Ribka terpilih mampu mendongkrak pelayanan Rumah Sakit menjadi lebih baik.

Ribka sendiri menyatakan berterima kasih atas dukungan yang mengalir kepadanya. Ia berjanji jika menjadi Menkes, akan merevolusi pelayanan Rumah Sakit yang saat ini belum maksimal.

"Tidak akan lagi pasien ditolak oleh Rumah Sakit," ujarnya.

BACA JUGA: