Mahasiswa NTU Asal Indonesia Juarai Socio Digi Leaders 2017

Sabtu, 30 September 2017, 07:00:00 WIB - Peristiwa

Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman saat menyerahkan piala dan hadiah kepada pemenang pertama Socio Digi Leaders 2017, Share Cup, pada Grand Final Socio Digi Leaders 2017 di Bandung (27/9). Share Cup merupakan ide di bidang marketing/advertising melalui penggunaan biogradable papercup untuk meningkatkan exposure iklan dan engagement dengan konsumen. (Dok. Telkom)

JAKARTA, GRESNEWS.COM - Setelah sukses di tahun 2016, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali mengadakan Socio Digi Leaders di tahun 2017. Socio Digi Leaders (SDL) merupakan program menjaring talenta muda berbakat yang memiliki kepekaan sosial untuk mengimplementasikan ide dan gagasannya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, SDL 2017 tidak hanya sebatas solusi berbasis aplikasi digital dan pesertanya pun tak terbatas dari dalam negeri saja, tetapi juga mancanegara.

Setelah menyelesaikan proses penjurian yang ketat, tiga mahasiswa Nanyang Technological University (NTU) Singapura asal Indonesia yang terdiri dari Regina Eunike Febby, Steven Aditya, dan Yosua Nathanael Santoso, berhasil memenangkan SDL 2017. Ide Share Cup yang dipresentasikan oleh tiga mahasiswa tersebut menjadi yang terbaik dari 10 peserta yang terpilih mengikuti Grand Final SDL 2017 yang diselenggarakan di Bandung Digital Valley, Rabu (27/9).

Share Cup merupakan ide di bidang marketing/advertising melalui penggunaan biogradable papercup untuk meningkatkan exposure iklan dan engagement dengan konsumen. Share Cup berhasil mengalahkan peserta lain yang pada tahun ini tidak hanya diikuti oleh tim dari Indonesia, namun juga mancanegara seperti Singapura, Australia, Inggris, dan Belanda.

'Terima kasih kepada Telkom yang telah menyediakan berbagai pelatihan yang membuat kami tahu langkah kami kedepannya. Ada tiga hal yang kami pelajari yaitu, passion, kerja keras, dan humbleness. Meskipun sudah juara, kami tetap harus belajar dan terus menumbuhkan semangat entrepreneurship,' ujar Steven Aditya.

Juara kedua diraih oleh tim Travel Share Indonesia yang menawarkan solusi untuk bidang pariwisata berupa platform relawan dalam pengembangan pariwisata dan juara ketiga diraih oleh Markethub yang memiliki ide solutif untuk bidang e-commerce berupa pengelolaan marketplace yang terintegrasi.

Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman menyampaikan bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di industri telekomunikasi digital di Indonesia, sejak tahun 2016 Telkom menginisiasi suatu program employer branding untuk menjaring talenta muda berjiwa sosial yang mengedepankan kreativitas dan inovasi dalam bentuk konsep bisnis, produk, manajemen, sosial, pendidikan ataupun teknologi. 'Melalui Program SDL ini, Telkom berharap dapat melahirkan generasi muda yang berwawasan luas dan memiliki solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan sosial di Indonesia dan bahkan permasalahan dunia, baik itu solusi berbasis digital ataupun non-digital,' ungkap Herdy R. Harman.

Herdy menjelaskan, kompetisi SDL 2017 memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan SDL 2016. 'SDL 2017 juga merambah ke bidang ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, pariwisata, dan banyak lagi. Semua problematika masyarakat dunia kita fasilitasi solusinya, yang penting para talent memiliki konsep problem solving yang baik dan aplikatif,' jelas Herdy.

Kompetisi SDL 2017 terdiri dari beberapa tahapan diantaranya registrasi dan pengajuan proposal secara online, on desk assessment pemilihan 100 besar tim peserta, online pitching untuk menjaring 25 tim peserta. Selanjutnya 25 besar tim peserta melaksanakan bootcamp di Bali pada 21-25 September 2017, yaitu serangkaian pelatihan yang terdiri dari in-class training mengenai pengelolaan bisnis dan keuangan, team building, dan Societal Needs Orientation (SNO). Tercatat bootcamp kali ini diikuti oleh peserta dari warga negara asing, yakni dari India, Perancis, Belanda dan Jerman. Setelah itu, 25 besar tim peserta disaring kembali menjadi Top 10.

Selanjutnya peserta Top 10 melakukan presentasi ide dan solusi di hadapan dewan juri. Pada tahapan Grand Final, 10 tim terbaik tersebut melakukan final presentation dan mendapatkan penilaian langsung dari Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman beserta dewan juri lainnya diantaranya Direktur Portofolio Metra Digital Investama Sandhy Widyasthana, Founder Young on Top Billy Boen, Puteri Indonesia 2005 Nadine Chandrawinata, dan Founder Binar Academy Alamanda Shantika. Tiga tim terbaik yang terpilih akan mendapatkan uang tunai, serta kesempatan melaksanakan studi banding ke beberapa markas start up terkemuka di Eropa, Hong Kong, dan Singapura.

Sebagai program employer branding, Socio Digi Leaders merupakan salah satu langkah employee recruitment perusahaan guna menarik minat talents muda berbakat untuk bekerja dan berkarya di Telkom, sehingga diharapkan Telkom dapat terus mempertahankan posisinya sebagai salah satu perusahaan paling idaman (most admired company) di Indonesia. (mag)

Komentar