Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno menjelaskan tentang Kartu Jakarta Jomblo (KJJ) yang dianggapnya sebuah terobosan dan solusi untuk menahan laju penurunan populasi. Menurutnya populasi di kota-kota besar menjadi berkurang karena mereka terlalu sibuk dengan kegiatannya terkadang lupa untuk menikah, salah satu negara yang dilihatnya adalah Singapura.

"Waktu itu sebagai cagub dan cawagub DKI tentunya kala itu ada terobosan dan itu akan kami pikirkan apakah ranah pemerintah bisa memberikan solusi terkait hal itu. Karena memang aspirasinya seperti itu," ujar Sandiaga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (7/5/2017).

Namun dia menyadari bahwa sebagian kalangan menganggap ini merupakan ranah privasi seseorang. Sehingga hal tersebut nanti akan didiskusikan kembali. "Tetapi tetap berjalan, karena kami nggak mau sebetulnya kayak Jepang dan Singapura dimana jumlah populasinya menurun terus karena si jomblo-jomblo ini akhirnya menikmati menjadi jomblo," kata Sandiaga.

Dia mengatakan jika sudah ada penurunan populasi, itu menjadi masalah pemerintah. Sandiaga akan menilai apakah KJJ atau dunia usaha yang akan menjadi solusi untuk penurunan populasi. (dtc/mfb)