Bangun Jaringan Gas Lampung, PGN Incar Kelas Menengah

Jum'at, 21 Juli 2017, 19:00:00 WIB - Peristiwa

Pembangunan jaringan pipa gas oleh PGN (ANTARA)

JAKARTA, GRESNEWS.COM - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) saat ini tengah membangun jaringan pipa gas untuk kebutuhan rumah tangga di Bandar Lampung. PGN akan membangun sebanyak PT Perusahaan Gas Negara (Persero) terus membangun jaringan gas bumi untuk kebutuhan rumah tangga. Salah satu yang tengah dibangun ialah di Bandar Lampung sebanyak 10.321 sambungan.

Kepala PGN Lampung Wendi Purwanto menjelaskan, untuk proyek 10.321 sambungan rumah tangga di Bandar Lampung ditujukan bagi masyarakat kelas menengah. Saat ini PGN telah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendata siapa saja yang berhak mendapatkan sambungan gas kota dengan gratis tersebut.

"Jadi yang dijangkau memang masyarakat kelas menengah ke bawah, yang dijangkau memang kerja sama dengan dinas perumahannya kota Bandar Lampung," terang Wendi di Lampung, Kamis (20/7)

Wendi menjelaskan, penggunaan gas bumi lebih hemat dibanding menggunakan LPG (Liquefied petroleum gas). Dengan begitu, masyarakat juga menghemat pengeluaran untuk mengkonsumsi gas. Selain itu masyarakat juga tak perlu takut bila tiba-tiba kehabisan gas seperti saat menggunakan LPG. Jaringan gas dari PGN akan terus mengalir

Meski menyasar kelas menengah, masyarakat bawah juga bisa mendapatkan manfaat dari pembangunan jaringan pipa gas PGN ini. Menurut Wendi, selain untuk menengah ke bawah, masyarakat biasa atau yang tak kebagian mendapatkan sambungan jaringan gas kota secara gratis juga dapat menggunakannya.

Namun, mereka perlu membayar biaya instalasi sesuai dengan prosedur yang berlaku. Besaran biaya instalasi tergantung dari lokasi setiap penyambungan jaringan gas bumi itu sendiri.

"(Biaya) Tergantung dari instalasi rumahnya, panjang instalasi yang mau dipasang. Seperti pemerintah juga ada tiang listrik subsidi, jadi instalasinya dipasangi pemerintah, kita juga saat ini (10.321) dipasangi pemerintah juga. Jadi kalau enggak dapat, tapi mau pasang sendiri ada biayanya sekitar Rp 3-5 juta untuk biaya instalasi. Tapi kalau harga gasnya sama," terang Wendi.

Untuk saat ini, Wendi mengungkapkan, PGN telah melakukan instalasi sambungan gas bumi terhadap 3.000 rumah tangga di Bandar Lampung. PGN sendiri membangun jaringan tersebut sepanjang 190 kilometer.

"Untuk di Bandar lampung itu sudah ada yang mulai pasang. Untuk instalasi rumah tangga sekitar 3.000 sambungan (sudah terpasang). Untuk yang jalur distribusinya sudah sekitar 5 km, dari 190 km," kata Wendi.

"Sekarang sudah 30% untuk instalasi ke rumah tangganya. Seminggu rata-rata 2.000 instalasi ke rumah tangga, kalau untuk sambungan distribusi sehari rata-rata 3 km. Insya Allah bisa tercapai semuanya tahun ini," sambungnya.

Lebih lanjut Wendi menjelaskan, gas tersebut dipasok dari dua sumber, yakni dari Sumatera Selatan dan Liquefied natural gas (LNG). Untuk dapat memenuhi 10.321 sambungan rumah tangga tersebut, PGN menyalurkan gas 0,2 MMBTU. "Untuk rumah tangga kita butuh 0,2 MMBTU. Sangat kecil dibandingkan dengan pemakaian industri. Mungkin 10 ribu rumah tangga itu untuk satu industri," tukasnya. (dtc/mag)

Komentar