JAKARTA, GRESNEWS.COM - Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembangkan sektor maritim sebagai sumber perekonomian nasional disarankan dimulai dari wilayah Indonesia Timur.  Langkah tersebut dimaksudkan juga untuk mengembangkan perekonomian di wilayah Indonesia Timur. Untuk pengembangan sektor maritim itu pemerintah harus lebih dulu membangun industri pendukung sektor maritim.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran Ina Primiana untuk mengembangkan sektor maritim pemerintahan Jokowi harus memulai dari  wilayah Indonesia Timur. Sebab wilayah Indonesia Timur memiliki banyak potensi sumber daya alam (SDA) yang berasal dari laut. Dia menilai jika program pengembangan sektor maritim berkembang maka biaya logistik menjadi semakin murah karena banyaknya permintaan ke wilayah Indonesia Timur.

Untuk itu, menurut  Ina pemerintah harus membuat road map untuk merealisasikan pengembangan sektor maritim. Misalnya, penentuan industri-industri apa saja yang akan tumbuh di Indonesia Timur. Lalu setelah penentuan industri, perlu dibangun infrastruktur penunjang agar para investor tertarik menanamkan modalnya.

"Artinya banyak peluang yang tumbuh disana. Makanya kita akan memperkuat rantai pasokan dari hulu hingga hilir. Itu semua harus riil dan harus terkait satu sama lain," kata Ina, di Jakarta, Jumat (24/10).

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia Lana Soelistyaningsih mengatakan berbagai macam SDA dapat dikelola pemerintah sebagai sumber ekonomi, tapi pemerintah tidak bisa berbuat banyak untuk memberdayakan potensi kelautan untuk dijadikan perekonomian.

Disatu sisi, terhambatnya pertumbuhan ekonomi di wilayah Indonesia Timur juga disebabkan karena inflasi daerah yang sangat tinggi,  sehingga berimbas kepada inflasi secara nasional. Hal itu karena biaya transportasi logistik ke wilayah Indonesia Timur sangat mahal. Akibatnya harga barang menjadi mahal.

"Jadi perlu ada konektivitas logistik. Sehingga saya kira masih banyak yang digali untuk menjadi salah satu potensi ekonomi kita," kata Lana.

BACA JUGA: