Jakarta - Hari pertama 2012 nampaknya menjadi berkah tersendiri bagi pengelola kawasan wisata Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan. Ya, ratusan ribu pengunjung memadati satu-satunya kebun binatang di wilayah Provinsi DKI Jakarta tersebut.

"Hingga pukul 14.10, jumlah pengunjung yang masuk mencapai 100 ribu orang," ujar Enny Pudjiwati, Kepala Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Minggu (1/1).

Dikatakan Enny, diperkirakan jumlah pengunjung TMR akan terus bertambah hingga sore nanti. Sebab, hingga siang ini antrian pengunjung di loket-loket penjualan tiket masuk masih sangat padat. "Kami sampai menambah 11 loket penjualan tiket, dari 39 loket menjadi 50," katanya.

Lonjakan pengunjung
Daiakui Enny, momen libur tahun baru memang menjadi salah satu momen terjadinya lonjakan pengunjung di TMR. Rata-rata pengunjung yang datang pada liburan tahun baru bisa mencapai 90 ribu orang. "Hingga saat ini, jumlah terbanyak pengunjung libur tahun baru terjadi pada tahun 2010 yang mencapai 171 ribu pengunjung," katanya.

Enny memperkirakan, hingga sore nanti pengunjung yang masuk ke TMR dapat mencapai 120 ribu pengunjung. Sedangkan untuk kendaraan roda dua bisa mencapai 10 ribu unit. "Kalau mobil mungkin bisa 7-8 ribu unit nantinya sampai sore. Tapi kami cukup kerepotan menampung mobil-mobil yang akhirnya terpaksa parkir di dalam areal TMR," tutur Enny.

Selain parkir, ditambahkan Enny, sampah juga akan menjadi permasalahan setelah banyaknya pengunjung yang ada di TMR. "Untuk menjaga kebersihan di TMR saat lonjakan pengunjung, kami menyiapkan petugas kebersihan sekitar 300 petugas kebersihan, serta memperbanyak tempat sampah. Dengan menyediakan tempat sampah lebih banyak, diharapkan pengunjung dapat terbangun kesadaran untuk membuang sampah," harapnya seperti dilansir beritajakarta.com.

BACA JUGA: