JAKARTA - Peminat rumah susun sederhana milik (rusunami) dengan uang muka atau down payment (DP) nol rupiah Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, cukup tinggi. Harga yang murah dan lokasi di Jakarta Timur menjadi penyebabnya. Padahal menurut masyarakat setempat akses menuju ke rusunami tersebut termasuk wilayah rawan dan berada dekat komplek kuburan.

"Kalau pulang malam hati-hati banyak kejadian pembegalan di sini," kata salah satu warga, Ahmad, di depan bengkel samping proyek kepada Gresnews.com, Sabtu (3/7). 

Dua warga lainnya, Arif dan Nur, menyebut lokasi rusunami ini juga sangat dekat dengan komplek kuburan. Dua warga penjaga bengkel dan potong rambut di samping proyek ini mengatakan dari kamar atas pasti terlihat Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa. Lantaran adanya kuburan itulah harga tanah di sini masih berkisar Rp5 juta per meter persegi.

Rencananya pembangunan Klapa Village tahap pertama ini 20 lantai dengan 703 unit terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21. Harga per unitnya untuk yang tipe 36 adalah Rp320 juta dan tipe 21 harganya Rp185 juta. (G-2)

BACA JUGA: