JAKRTA, GRESNEWS.COM - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sudah memulai membangun kantor perwakilan di daerah. Di tahun 2014 ini, DPD memang telah menargetkan akan membangun secara bertahap kantor DPD di tiga provinsi. Namun kabar itu lama tak terdengar lagi. Hanya saja ternyata saat ini DPD telah mengawali pembangunan kantor di Palembang, Sumatera Selatan.

Pembangunan kantor DPD di daerah ini diungkapkan Kepala Bidang Pemberitaan dan Media Visual, Sekretariat Jendral DPD, Mahyu Dharma. "Mulai 26 Februari kemarin pelaksanaan pembangunan kantor DPD untuk provinsi Sumatera Selatan sudah dimulai," ujarnya kepada Gresnews.com, Sabtu (26/7).

Selama ini, kantor DPD di daerah yang berada di ibu kota provinsi masih bersifat sementara. Menurutnya, pembangunan gedung kantor DPD secara bertahap di masing-masing ibu kota provinsi merupakan perintah Undang-Undang. Untuk tahun anggaran 2014 ini, tersedia anggaran pembangunan kantor DPD untuk tiga provinsi.

Pembangunan gedung kantor DPD di Sumsel ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh ketua DPD Irman Gusman. Hadir pula anggota DPD Sumsel Sudarsono Hardjoesoekarto. Gedung DPD diprovinsi Sumsel dibangun diatas seluas 3.250 m2 hibah dari Pemprov Sumsel. "Rencananya, bangunan seluas 2100 m2 akan selesai dibangun dalam enam bulan kedepan," ujar Mahyu.

Kata dia, tiga provinsi yang akan dibangun gedung DPD adalah Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY), Sumsel, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tetapi karena proses administrasi di DIY belum tuntas, maka hanya di Sumsel dan NTT yang disegerakan pembangunannya,"imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD Irman Gusman mengatakan, kantor DPD provinsi adalah kantor perwakilan DPD di daerah. Pembangunan kantor DPD memiliki makna strategis bagi DPD dalam menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Dengan adanya kantor di daerah, dapat meningkatkan agregasi daerah terhadap pusat dan menjadi sarana memperjuangkan kepentingan masyarakat dan daerah di level pusat. Mantan anggota konvensi capres Partai Demokrat ini, megatakan rencana pembangunan gedung DPD di daerah sudah menjadi usulan sejak 2011, namun baru terelesiasi tahun 2014.

Gedung pertama yang dibangun si Sumsel berdasarkan UU No. 27 tahun 2009. "Setelah ini menysul pembangunan gedung DPD di NTT lalu pada 2015 di DIY," katanya.

BACA JUGA: