Munculnnya wacana evaluasi dukungan PPP dan PAN yang dinilai tak berkontribusi meredam dampak aksi damai 4 November, membuat PPP bereaksi. Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani menegaksan, PPP justru turut serta menjadi mediator antara pendemo dan pemerintah.

"Sekjen PPP secara aktif turut menjadi mediator antara para wakil pengunjuk rasa dengan pejabat pemerintah ketika dalam unjuk rasa 411 tersebut," kata Arsul Sani, Minggu (20/11) malam.

Arsul mengatakan, sedikitnya tiga kali dalam sebulan pihaknya bertukar pikiran dengan presiden. "Cuma kan hanya diketahui kalangan terbatas dan tidak dibuka ke media manapun. Demikian pula pengurus PPP berkomunikasi dengan elemen-elemen yang ikut unjuk rasa, namun kan tidak semuanya patut dibuka di ruang publik," ujar Arsul.

Menurut Arsul, Jokowi tahu betul apa peran masing-masing partai koalisi. Termasuk upaya PPP untuk mengumpulkan para alim ulama.

"Makanya beliau (Jokowi) datang langsung ketika ketiga partai ini mengumpulkan para alim ulama dan tokoh-tokoh seniornya minggu lalu, termasuk untuk PPP melalui Munas Alim Ulama di Asrama Pondok Gede yang dibuka dan dihadiri langsung Presiden," tutur Arsul. (mag/dtc)

BACA JUGA: