TEHERAN - Iran konsisten mendukung rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Sikap ini bertolak belakang dengan mayoritas dunia yang menginginkan konflik di Suriah diakhiri. Iran mendukung rencana Presiden Assad yang mengeluarkan berbagai solusi yang menolak kekerasan dan terorisme serta menolak intervensi asing.

"Republik Islam Iran mendukung Presiden Bashar al-Assad yang memprakarsai solusi komprehensif bagi krisis Suriah," ujar Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi dalam pernyataanya di situs resmi Kementerian Luar Negeri, seperti dilansir Asia One, Senin (7/1).

Iran adalah sekutu Suriah. Iran memberikan bantuan ekonomi dan militer kepada Suriah yang selama ini dilanda konflik berkepanjangan. Iran melihat Presiden Assad sebagai benteng dalam melawan Israel yang menjadi rival utama mereka.

Presiden Assad menyampaikan pidato pertamanya dalam beberapa bulan terakhir. Dalam pidatonya yang disiarkan langsung oleh televisi nasional Suriah tersebut, Assad menawarkan solusi yang menurutnya bisa mengakhiri konflik di Suriah, termasuk penghentian kekerasan dan dialog.

BACA JUGA: