JAKARTA, GRESNEWS.COM - Boss PT Rifuel,  Riefan Avrian yang juga anak Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan akhirnya mengakui dirinya sebagai aktor intelektual kasus korupsi proyek pengadaan videotron di Kementerian Koperasi. Riefan sepertinya telah terpojok dan upayanya untuk menghindar dari kasus korupsi dengan mengorbankan anak buahnya tak beroleh hasil. Sebab ia kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan menjalani penahanan  pihak Kejaksaan Tinggi DKI dalam kasus tersebut.

Sepertinya ingin sedikit menebus kesalahannya terhadap anak buahnya Hendra Saputra, yang karena perbuatannya, Office Boy yang dijadikan  direktur dadakan tersebut menjadi terdakwa. Disisi lain ada ancaman pasal pemberian keterangan palsu yang akan memberatkan hukumannya.

Dalam sidang lanjutan dengan pemeriksaan terdakwa Hendra Saputra, Riefan yang dihadirkan sebagai saksi mengemukakan pernyataan mengejutkan. Ia mengakui bahwa sebenarnya, dialah aktor intelektual dibalik kasus videotron di Kementerian yang dipimpin Ayahnya tersebut.

"Saya ingin meluruskan keterangan ini. Saya yang melakukan pekerjaan (proyek videotron) dari awal sampe akhir. Saya yang melakukan pendanaan. Saya yang bertanggung jawab atas semua ini," kata Riefan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (16/7).

Pria yang identik dengan kacamata gelap itu juga mengatakan, dengan pengakuannya tersebut, ia berharap dapat membantu meringankan hukuman Hendra.

Mendengar pernyataan tersebut, Hakim Ketua Nani Indrawati yang memang sengaja memberi kesempatan Riefan untuk menanggapi pemeriksaan terdakwa Hendra Saputra, kembali bertanya tentang motivasi Riefan menempatkan seorang Hendra sebagai direktur.

"Apa motivasi saudara menempatkan Hendra yang hanya seorang office boy menjadi direktur? Kenapa bukan teman anda misalnya yang mempunyai pendidikan lebih tinggi?" tanya Hakim Nani.

Riefan berkilah, bahwa jabatan tersebut sudah ditawarkan kepada beberapa rekan kerjanya, tetapi tidak ada yang mau. Menurut Riefan, hanya Hendra yang menyanggupi jabatan tersebut.

Mendengar jawaban itu, Hakim Ketua Nani menasehati Riefan. Bahwa dilihat dari pendidikannya, Hendra pasti menuruti apa yang diperintahkan. Dan dia tidak mengerti apa yang harus dia perbuat ketika menjadi direktur serta resiko yang akan dihadapi kedepan.

Usai sidang, Riefan yang ditanyakan asalan apa yang membuat dirinya berubah 180 derajat dan mengakui perbuatannya. Anak Menkop Syarief Hasan itu enggan berkomentar banyak. "Ya udahlah, kita lihat fakta persidangan aja yang lain gak usah," ujarnya singkat.

Sedangkan Hendra sendiri ketika ditanya wartawan, mengaku lega atas pernyataan mantan bossnya tersebut. " Ya alhamdulillah, dia ngaku. Alhamdulillah udah ada perubahan, ada perbedaan," ujar Pak "Direktur" ini.

BACA JUGA: