JAKARTA - Mabes Polri menyiapkan tiga ribu pos pengamanan dengan 82.633 personil untuk pengamanan malam Natal dan Tahun Baru 2013. Upaya pengamanan dengan sandi Operasi Lilin ini akan dilakukan selama 10 hari, 23 Desember-1 Januari 2013.

"Ditujukan untuk pengamanan malam Natal, Hari Natal, dan Tahun Baru dengan mengedepankan upaya-upaya preventif dan cegah dini," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Boy Rafli Amar, dalam siaran pers di Humas Polri, Jakarta, Senin (17/12).

Dia  menjelaskan, selain mengamankan tempat-tempat ibadah, tempat-tempat wisata juga mendapat perhatian. Untuk mengantisipasi gangguna keamanan, Polri menyiapkan 942 personil dan 81.6910 personil dari seluruh Polda. "Secara keseluruhan, personil yang diturunkan berjumlah 82.633 personil. Sementara itu, pos pengamanan yang disiapkan di seluruh Indonesia mencapai tiga ribu pos," jelasnya.

Boy menambahkan, kegiatan pengamanan Natal dan Tahun Baru ini dilakukan di seluruh Polda yang ada di Indonesia. Polri membagi polda-polda yang ada kedalam dua kelompok, yaitu Polda Prioritas 1 dan Polda Prioritas 2.

Polda Prioritas 1 adalah Polda Sumut, Metro Jaya, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Kaltim, Papua, DIY, NTT,  Sulteng, Sulut, Maluku dan Kalteng. Sementara itu, Polda lainnya masuk pada kelompok Polda Prioritas 2.

BACA JUGA: