Jakarta - Perintah Kapolri Jenderal Timur Pradopo memberantas premanisme menunjukkan hasil yang signifikan. Sebab, hingga saat ini sudah 2514 preman ditangkap pihak kepolisian.

"Sampai Sabtu (10/3) telah ditindak sebanyak 2990 orang (preman), dengan yang diproses pidana 476 orang, yang diadakan pembinaan sebanyak 2514 orang," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Saud Usman Nasution, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (12/3).

Dikatakan Saud, Jakarta tetap menjadi tempat dengan jumlah preman terbanyak yang terjaring dalam operasi ini. "Sedangkan untuk daerah-daerah yang tertinggi, di Polda Metro 2179 orang yang ditangkap, Lampung 272 orang, Jawa Timur 150 orang, Jawa Tengah 102 orang. Itulah dari penangkapan kasus-kasus premanisme," ujar Saud.

Seperti diketahui, sejak penangkapan terhadap bos kelompok pemuda, John Refra alias John Kei, polisi terus melakukan penindakan terhadap premanisme. Pemberantasan premanisme bahkan menjadi program utama Kapolri. Penindakan ini direspons positif oleh Komisi III DPR RI.

BACA JUGA: