JAKARTA, GRESNEWS.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan 340 rangkaian kereta reguler untuk menyambut libur lebaran di tahun ini. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, rangkaian kereta sebelumnya sebanyak 293 rangkaian atau naik 16 persen.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mengatakan perusahaan telah menyediakan kereta tambahan sebanyak 14 rangkaian tambahan yang terhitung H-60 atau sebanyak 18.760 kursi per harinya. Perusahaan juga menyediakan fasilitas untuk mengangkut kendaraan bermotor bagi para penumpang yang ingin membawa kendaraan ke kampung halaman.

Meski perusahaan telah menambah rangkaian kereta, Edi meminta kepada masyarakat untuk segera memesan tiket kereta dan langsung membayar pesanan tiket tersebut. Sebab jika dalam waktu tiga jam tidak membayar tiket yang sudah dipesan, maka tiket yang sudah dipesan akan hilang dengan sendirinya.

Selain itu saat hari H, calon penumpang diminta untuk tidak mencetak tiket pada saat keberangkatan. Dia mengharapkan ketika mencetak tiket keberangkatan beberapa hari sebelum keberangkatan. "Kami ingin memberikan fasilitas seperti tahun sebelumnya," kata Edi, Jakarta, Selasa (21/4).

Dia mengatakan untuk H-6 hingga H+10 saat lebaran, perusahaan menambah 7 kereta ekonomi, kereta bisnis dan eksekutif sebanyak 7 kereta dan 1 kereta ekonomi non Public Service Obligation (PSO). Kereta tersebut memiliki tujuan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perusahaan juga menyediakan kereta bagi para penumpang yang memesan tiket di hari tertentu.

"Jadi total seluruhnya 196.028 tempat duduk untuk jarak jauh dan jarak dekat," kata Edi.

Sementara itu, Kepala Humas Daop I PT KAI (Persero) Bambang S Prayitno memperkirakan pertumbuhan penumpang pada lebaran  meningkat 3 persen sampai 4 persen. Biasanya tiket untuk kereta ekonomi mulai H-7 lebaran sudah terjual habis dengan rute mayoritas menuju ke Surabaya. Dia menambahkan untuk penambahan armada pada saat lebaran sekitar 6 kereta api.

Perusahaan juga sudah menjual tiket reguler untuk perjalanan jarak jauh. Saat ini untuk tiket yang sudah terjual untuk bulan lebaran sekitar 88 ribu tiket. Menurutnya tiket yang terjual tersebut untuk pemesanan H-5 masa lebaran.

"Pasti akan ditambah armada keretanya. Jadi masih banyak hari yang bisa dipesan untuk penumpang," kata Bambang.

BACA JUGA: