Para pasangan cagub-cawagub telah mendapatkan nomor urut untuk Pilgub DKI 2017. Pengundian dilakukan di Hall D JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/10). Seusai mendapatkan nomor urut, mereka menyatukan tangan.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Agus Yudhoyono-Sylviana Murni mendapatkan nomor urut 1. Nomor urut 2 didapatkan oleh Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Sedangkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno mendapatkan nomor urut 3.

Setelah pengundian dilakukan, mereka duduk sejajar sesuai nomor urut masing-masing. Dalam satu kesempatan, ketika menunggu waktu menyampaikan pidato singkat, terdapat satu momen kebersamaan. Para kandidat menyatukan tangan mereka. Tidak ada yang menginisiasi momen ini. Bersatunya tangan mereka terlihat dilakukan secara spontan.

Sebelum pengundian nomor urut dilakukan, Kepala KPU DKI, Sumarno sempat menyampaikan kata terkait pengundian. Menurutnya, nomor urut yang akan diterima tidak terkait pada hal apapun. Karena hal ini dilakukan hanya untuk memudahkan pemilih.

"Nomor urut yang akan didapatkan oleh para pasangan calon tidak memiliki kaitan apapun. Hal ini dilakukan penomoran saat pencetakan kertas surat suara yang akan dicoblos oleh pemilih," kata Sumarno. (mon/dtc)

BACA JUGA: