Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membuka rakernas PAN 2016 di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (29/5). Dalam pidatonya, Zulkifli membahas mengenai kesenjangan sosial yang masih banyak terlihat di Indonesia.

"Kesenjangan nyata ada di hadapan kita. Kesenjangan antara individu, antara pusat dan daerah, kesenjangan antara timur dan barat, itu ancaman nyata bagi negeri ini. Kesenjangan adalah musuh kita bersama. Maka mari kita lawan bersama-sama," kata Zulkifli.

Zulkifli sebelumnya telah melakukan safari kebinekaan ke beberapa daerah. Lewat pengalamannya bertemu dengan masyarakat di daerah, Zulkifli meyakini bahwa kesenjangan itu masih nyata terlihat.

"Saya minta agar kementerian lembaga kalau ada cara apa-apa pesan lah kepada usaha-usaha kecil di daerah saudara. Harus ada keberpihakan total agar kesenjangan ini bisa kita kurangi," ujarnya.

Zulkifli juga mengingatkan kadernya yang dipercaya memimpin daerah atau duduk di wakil rakyat untuk tetap bekerja dengan rakyat. Agar mereka tidak menyalahgunakan kekuasaan.

"Hati-hatilah dengan kekuasaan yang berada di tangan saudara. Jadikan rakyat sebagai mitra dan bagian dari keluarga besar saudara. Hindari penyalahgunaan kekuasaan. Ajaklah mereka berdiskusi dan bermusyawarah," katanya. (mon/dtc)

 

BACA JUGA: