Jaksa KPK Cecar Istri Auditor BPK

Jum'at, 12 Januari 2018, 19:06:55 WIB - Peristiwa

Istri dari auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Sadli, Wuryanti berjalan meninggalkan ruangan seusai menjadi saksi dalam persidangan kasus suap terkait pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada laporan keuangan Kemendes PDTT dengan terdakwa Rochmadi Saptogiri di pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat (12/1). Pada sidang lanjutan tersebut Jaksa Penuntut Umum menghadirkan tiga orang saksi, salah satunya adalah istri dari auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Ali Sadli, Wuryanti. (ANTARA)

JAKARTA, GRESNEWS.COM - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar Istri auditor BPK Ali Sadli, Wuryanti Yustianti seputar pendapatan suaminya. Wuryanti menyebutkan gaji suaminya sekitar Rp 15 juta per bulan ditambah pendapatan dari bisnis angkot.

'Ada tambahan juga Rp 3-5 juta. Kalau gaji suami seluruhnya Anda tahu?' tanya jaksa kepada Wuryanti dalam sidang dengan terdakwa Rochmadi Saptogiri di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (12/1).

Wuryanti mengaku tak mengetahui pendapatan pasti dari sang suami. Jaksa menanyakan soal sumber pendapat lain dari Ali. Wuryanti menyebut ada usaha angkot yang sudah sejak 2005 dimiliki suaminya.

Selanjutnya, jaksa menanyai soal deretan mobil mewah yang dimiliki Ali. Wuryanti pun membenarkan ada sekitar 3 mobil yang biasanya diparkir di carport rumahnya. Mobil dirinya, anak dan suaminya.



Ia menyebut mobil yang dipakainya Mercedes Benz C250, sedangkan Mercedes Benz lainnya dipakai anaknya. Selain itu, Wuryanti menyebut Rubicon dibeli Ali secara kredit.

Sebagai informasi, selain auditor BPK Rochmadi Saptogiri, jaksa KPK juga menyebut auditor BPK Ali Sadli melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) saat menerima gratifikasi uang Rp 10,5 miliar. Uang tersebut dibelikan tanah, bangunan dan kendaraan bermotor.

Selain mobil, jaksa menanyakan harga rumah yang dimiliki Ali di Kebayoran Symphoni Blok J/03 Bintaro. Wuryanti menyebut rumah itu senilai Rp 3,8 miliar. (mfb)

Komentar