Partai Gerindra dan PDIP berencana melakukan komunikasi politik membahas bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pilgub DKI 2017. Pertemuan akan dilakukan besok, Kamis (26/5).

Saat ini Gerindra telah memiliki tiga bakal cagub DKI yaitu Sjafrie Sjamsoeddin, Sandiaga Uno dan Yusril Ihza Mahendra. Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono mengatakan kemungkinan Ketum Gerindra Prabowo Subianto memilih Sjafrie.

"Lebih condong ke Pak Sjafrie," ungkap Waketum Gerindra Arief Poyuono, Rabu (25/5).

Sjafrie bukan kader Gerindra dan merupakan hasil penjaringan Gerindra untuk Pilgub DKI. Meski Sandiaga Uno yang merupakan kader Gerindra, menurut Arief, Prabowo lebih memilih Sjafrie karena purnawirawan TNI itu dianggap mumpuni memimpin DKI. "Karena biar bagaimanapun TNI jiwa NKRI tidak bisa dibohongi. Rasa keadilan terhadap seluruh golongan sudah terjamin. Dia dididik sebagai seorang plural di TNI," jelasnya.

Arief melanjutkan dalam pertemuan dengan PDIP besok akan dibahas kemungkinan koalisi. Namun untuk mekanisme pengusungan, menunggu kesepakatan dari kedua partai. Bisa saja seperti Pilgub lalu PDIP mengusung cagub dan Gerindra mengusung cawagub.

Jika kesepakatan berkoalisi terjadi, Gerindra sudah memiliki calon yang akan digandeng dengan calonnya, yakni Djarot Saiful Hidayat yang kini menjabat sebagai Wagub DKI. "Bisa juga pak Sjafrie dengan Pak Djarot. Kami butuh sosok orang Jawa. Artinya Pak Djarot sangat berpengalaman soal administrasi dari daerah. Pak Sjafrie secara nasional," kata dia. (Ena/Dtc)

BACA JUGA: