Elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terus turun menjelang waktu pendaftaran pilkada. Nasdem selaku partai pendukung, tidak panik dan yakin Ahok akan tetap menang.

"Sikap masyarakat belum berubah yaitu bahwa di tangan Ahok, Jakarta lebih baik. Seturun-turunnya Ahok pasti tetap akan menang," kata anggota Dewan Pakar Nasdem Taufiqulhadi di gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/9).

Taufiqulhadi menuturkan bahwa Nasdem akan terus menunjukkan hasil kerja Ahok di Jakarta. Dengan demikian, masyarakat bisa melihat sendiri alasan untuk memilih Ahok. "Kita tidak panik, kita realistis saja," ucapnya.

Strategi yang sama dia imbau digunakan pendukung calon lain. Tidak perlu menjelek-jelekkan calon lain, namun menunjukkan kinerja.

"Kalau calon partai lain ada yang baik, disandingkan saja. Tidak perlu menyerang," ujar Taufiqulhadi.

Berdasarkan hasil survei KedaiKOPI, elektabilitas Ahok saat ini tercatat di 41,6 persen, Tri Rismaharini naik menjadi 30 persen, Rizal Ramli naik menjadi 8 persen mengungguli Sandiaga Uno yang hanya 7 persen dan Budi Waseso turun menjadi 1,3 persen.

"Tren penurunan juga terjadi pada tingkat kepuasan publik pada kinerja pemerintahan Ahok-Djarot di Jakarta yang turun tipis ke level 67,3 persen setelah sebelumnya berada di level 70 persen. Kepuasan ini juga berimbas pada elektabilitas petahana yang menempati posisi terendah sejak awal 2016," kata peneliti KedaiKOPI, Hendri Satrio, dalam siaran pers. (mon/dtc)

BACA JUGA: