Ini momen yang baik. Bulan suci Ramadan 1436 Hijriah. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi umat Islam. Semoga Allah berkenan menerima ibadah kita semua.

Pada Ramadan ini, GRESNEWS.COM meluncurkan tampilan terbaru. Kami ingin tampil lebih segar di mata pembaca, lebih cerdas lagi, lebih bermanfaat buat publik. Sebagai perusahaan media massa, kami ingin menjalankan fungsi pers yang sebenar-benarnya: anjing penjaga (watchdog).

Momentum perubahan wajah kali ini sekaligus kami maknai sebagai refleksi perjalanan jurnalistik GRESNEWS.COM selama empat tahun terakhir. Banyak kekurangan di sana-sini dari aktivitas dan produk kami, tapi kami akan tetap bekerja keras terus-menerus untuk menyempurnakan kualitas dan kuantitas produk dan layanan kami.

Satu hal yang pasti, kami bertekad untuk setia di jalur jurnalistik yang sesungguhnya: berpegang teguh pada kode etik, menjaga independensi (tidak terikat kepada kepentingan tertentu, tidak disetir oleh tangan-tangan tertentu), mengabdi kepada publik. Pendeknya, kami ingin membuktikan diri bahwa kami adalah watchdog, bukan lapdog alias "anjing peliharaan".

Kami ingin menegaskan kembali sikap kami sebagai media massa yang melakukan "somasi", teguran, terhadap siapa pun yang memegang kedudukan publik, memiliki pengaruh terhadap publik, agar betul-betul menjalankan tugas dan fungsinya untuk semata-mata kepentingan publik. Untuk soal yang satu ini, bicara benar, bagi kami, tak bisa ditawar-tawar lagi.

Dalam perubahan wajah kali ini, kami mengubah tampilan logo. Tadinya, warna putih melatari logo GRESNEWS.COM yang dominan berwarna merah-hitam. Kini, kami balik. Warna hitam melatari logo GRESNEWS.COM yang dominan merah-putih. Filosofinya, kami tidak ingin mengutuk kegelapan, mencaci-maki kehitaman, tapi kami justru ingin menjadi lilin. Penerang mungil tapi bikin dunia benderang. Warna merah-putih pada huruf logo menunjukkan keberanian dan kemurnian, sama seperti kami sadar betul, negara ini, bendera merah-putih, adalah sesuatu yang kami cintai.

Soal penyajian berita juga kami ubah. Kami ingin kembali kepada cita-cita awal mengapa GRESNEWS.COM berdiri. Kami memilih untuk menjadi portal berita tematik yang menyajikan pola penulisan konten yang analitik, mendalam, dan investigatif. Kami ingin membuat terang sejumlah isu/perkara hukum-politik kepada publik, menjadikannya setransparan kaca akuarium, supaya publik mengetahui dan bisa mengambil keputusan/sikap terhadap apa yang tengah terjadi. Huruf ´E´ pada logo GRESNEWS.COM yang kami buat berbeda menunjukkan bahwa edukasi/pendidikan adalah alasan penting mengapa GRESNEWS.COM ada.

Dari sisi teknologi, kami membuat GRESNEWS.COM semakin "ramah". Model desain yang kaku, kami tinggalkan. Kami mencoba semaksimal mungkin supaya konten GRESNEWS.COM terdistribusi dengan baik kepada pembaca seluas-luasnya. Kami memperbaiki Search Engine Optimation (SEO), menyalurkan konten melalui saluran-saluran digital, berpromosi, supaya pembaca sebanyak-banyaknya bisa menikmati layanan dan informasi GRESNEWS.COM.

Kepada pembaca, pemasang iklan, sejawat pengelola media online, seluruh relasi, kami mengucapkan terima kasih dan hormat atas kebersamaan yang selama ini terbangun dengan baik.

Salam hangat,
Agustinus Edy Kristianto
Pemimpin Redaksi

 

 

BACA JUGA: