WALINI. Nama ini lekat dengan merek teh produksi perkebunan PTPN VIII yang berlokasi di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Walini juga bagian dari destinasi wisata Rancabali di Ciwidey. Lokasinya sekitar 30 km di selatan Bandung. Posisi di ketinggian 1.628 meter di atas permukaan laut membuat Walini berhawa sejuk di siang hari. Bikin badan menggigil di malam hari. Jadi, jangan lupa pakai jaket tebal kalau berwisata ke Walini.

Panorama kebun teh dan pepohonan pinus mendominasi kawasan Walini. Nah, untuk mengusir rasa dingin, tak ada salahnya mencoba pemandian air panas Walini.

Pemandian air panas Walini saat ini menjadi favorit wisatawan lokal dari Bandung dan sekitarnya. Buka sejak pukul 07.00 hingga 17.30. Namun apabila Anda kemalaman tiba di Walini, dapat menikmati sarana serupa di pemandian air panas Cimanggu, yang berjarak sekitar tiga km dari Walini.

Gresnews.com berkesempatan menikmati air panas Walini saat pergantian tahun, Minggu pekan lalu. Saat itu, Walini sangat padat oleh wisatawan sehingga bukannya berenang tapi ´berdiri´ di kolam renang. Syukurlah, air panas Walini dapat mengobati rasa keki itu, untuk menikmati berendam air panas di tengah hawa dingin.

Meskipun pengunjung padat, kebersihan air panas Walini tetap terjaga. Pasalnya, air terus mengalir dari sumber air panas di dekat kolam utama sehingga badan tetap segar. Tanpa tercium bau belerang seperti di tempat pemandian air panas lainnya.

Cottage
Wah tidak puas rasanya cuma ´berdiri´ di kolam maka diputuskan untuk menyewa vila/cottage yang tersedia di situ agar keesokan harinya bisa lebih puas berenang.

"Enaknya datang pagi sekitar jam 06.00 sampai jam 10.00 pengunjung belum padat. Bisa puas berenang," kata Yana, pengelola kedai di sekitar Walini.

Pendapat tersebut semakin menguatkan tekad Gresnews untuk menginap di situ. Tidak tanggung-tanggung langsung dua malam. Mumpung libur dan bisa upload berita dari situ. Syukurlah, jaringan internet seluler di situ dapat mendukung pekerjaan, dengan kecepatan HSPA.

Tarif vila bervariasi sesuai ukuran dan fasilitas, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2,5 juta per malam. Nah khusus yang Rp2,5 juta dapat menampung empat hingga lima kepala keluarga (KK) atau 25 orang. Vilanya bertingkat dengan kolam air panas khusus, yang ukuran dan kedalamannya sama dengann pemandian umum.

Fasilitas pendukung
Selain mandi dan berendam di air panas, ada banyak permainan lain yang ditawarkan di Air Panas Walini, yaitu Flying Fox X-Treme sejauh 300 m dengan tarif Rp40.000 per orang, Flying Fox mini untuk anak (Rp10.000), motor off road ATV Tea Tour sejauh dua km tarifnya Rp75.000, Go Cart Rp. 15.000 per tiga lap), ATV 90 cc Rp.25.000 untuk lima lap), motocross jenis 50cc Rp15.000 3 lap), trampoline Rp.15.000 dan sepeda Rp5.000 per 15 menit.

Meskipun penataan tempat dan kebersihan lingkungan di Air Panas Walini belum digarap secara profesional, kejernihan dan derasnya aliran air panasnya, serta kehangatan airnya benar-benar membuat pengunjung ingin kembali lagi.

Air Panas Walini
Kecamatan Ciwidey, Bandung
GPS: -7.14416, 107.38433

Tiket Masuk: Rp. 12.000 (gratis paket Teh Walini)
Roda dua: Rp2.000
Roda empat: Rp3.500
Bus: Rp15.000
Wisman: Rp19.000

Kolam: Rp5.000
Kamar rendam: Rp5.000

BACA JUGA: