JAKARTA, GRESNEWS.COM - Anda yang merupakan salah satu pengguna alat transportasi publik kereta api tentu pernah diresahkan dengan keberangkatan maupun kedatangan kereta yang tidak sesuai jadwal. Namun, jangan khawatir lagi, mulai 1 Juni mendatang hal itu tidak akan terjadi lagi.

Hal tersebut diutarakan oleh Direktur Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwi Atmoko dalam konferensi pers di Hotel Akmani, "Mulai 1 Juni nanti Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI) akan memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2014." Senin, (12/5).

Setelah diberlakukan GAPEKA nanti waktu tempuh kereta akan berkurang, karena jalur ganda yang telah selesai dibangun mulai digunakan. "Jalur ganda yang telah selesai antara lain Pekalongan-Surabaya yang berjarak 373 kilometer dan Prupuk-Larangan yang berjarak 17 km," ujarnya.

Dalam GAPEKA 2014, akan tersusun peraturan pelaksanaan perjalanan Kereta Api (KA) seperti waktu perjalanan, jarak tempuh, kecepatan dan posisi perjalanan kereta api dari berangkat, bersilang, bersusulan dan berhenti, "Diharapkan regulasi baru ini berhasil dengan estimasi total pengurangan waktu hingga 6.600 menit dari 495 perjalanan yang dilakukan oleh KA penumpang," jelasnya.

Bertambahnya jalur ganda, menyebabkan perubahan jadwal keberangkatan pula, Kepala Humas PT KAI, Sugeng Priyono memberikan contoh KA Senja Utama jurusan Pasar Senen-Yogyakarta, yang digunakan sebagai angkutan mudik akan berubah jadwal dari keberangkatan pukul 18.30 WIB menjadi pukul 20.55 WIB, "Ini kita tarik sampai Surabaya," ungkapnya.

Hermanto memberikan contoh lain rata-rata per perjalanan dapat berkurang setengah jam hingga tiga jam lamanya, "Itu untuk KA penumpang, KA barang waktu tempuhnya bisa berkurang mencapai 18.288 menit dari 270 KA yang dioperasikan."

Selain penambahan jalur ganda, GAPEKA 2014 juga mengatur kecepatan maksimal KA menjadi 100 km per jam dari sebelumnya yang hanta 90 km per jam.Lalu, penjadwalan KA antar kota yang menuju Jakarta haruslah masuk sebelum jam 5 pagi, supaya tidak menunggu jadwal kereta pagi. Dan pengisian air yang hanya bisa dilakukan di stasiun tertentu dengan batas waktu maksimal 15 menit.

BACA JUGA: