JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berencana membuka jalur laut antara Muara Baru hingga Marunda untuk memudahakan relokasi warga Muara Baru ke rusun Marunda juga memudahkan akses ke wilayah Marunda yang saat ini sulit dilalui.

"Kami juga sedang mengkaji perjalanan laut dari Marunda ke Muara Baru. Selain untuk relokasi warga Pluit, hal tersebut dapat memudahkan secara akses agar bisa lebih cepat nantinya. Kita lagi minta cari lahan untuk bikin pelabuhan. Sebenarnya sudah ada dekat Sekolah Pelayaran Muara Baru, Muara Angke, tapi Angke agak padat. Kita berharap bisa taruh di Muara Baru, jadi orang yang kerja di Mangga Dua, Glodok, Kota Kapuk bisa naik di sana," ujar Ahok, saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, (29/1).

Menurut Ahok, jalur air ini nantinya akan dilengkapi dengan taksi air yang akan mengangkut penumpang yang bekerja di pusat kota pada pagi, sore hingga malam pada jam kerja.

Ia berharap, dengan adanya penambahan jalur air ini, Marunda dapat menjadi salah satu lokasi strategis di Jakarta Utara dengan menjadikannya pantai publik. Selain itu, warga sekitar Marunda lebih mudah apabila ingin bepergian dan berobat ke Rumah Sakit.

BACA JUGA: