JAKARTA - Untuk kesekian kali Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara meletus. PVMBG Badan Geologi telah menyampaikan informasi kepada Posko BNPB bahwa Gunungapi Lokon telah meletus pada 15 September 2012, sekitar 18:53 WITA. Demikian Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, informasi dan Humas BNPB.

Letusan diawali letusan eksplosif dengan ketinggian asap 1.500 meter dari Kawah Tompaluan. Letusan tersebut menggetarkan kaca-kaca Pos Gunung Lokon yang jaraknya sekitar lima km dari Kawah Tompaluan, disusul dengan letusan strombolian (lontaran material pijar), dengan ketinggian sekitar 600 meter dari kawah Tompaluan.

Sebelumnya, PVMBG Badan Geologi juga sudah menyampaikan peringatan dini, bahwa sejak Sabtu pagi (15/9) pukul 08.30 WITA telah terjadi peningkatan kegempaan. Sampai 12.00 WITA tercatat 56 kali gempa Vulkanik dalam,� 91 kali gempa Vulkanik dangkal dan 11 kali gempa hembusan asap.

Jika peningkatan kegempaan kegempaan Gunung Lokon terus berlangsung dengan ritme yg sama, maka dapat diikuti letusan. Karenanya masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas dalam radius 1.5 km dari Kawah Tompaluan.

Meskipun Gunungapi Lokon meletus, status tetap Siaga (level 3), belum perlu ada pengungsian. Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada. Sejak ditetapkan status Siaga 24 Juli 2011 oleh PVMBG, Gunungapi Lokon beberapa kali meletus dan tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan yang besar.

BACA JUGA: