Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam, Batusangkar, Sumatera Barat meletus. Namun BNPB melaporkan letusan itu tidak menimbulkan pengungsian terhadap masyarakat sekitar.

Menurut Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho gunung tersebut meletus sekitar pukul 11.00 WIB. Diketahui sejak 3 Agustus 2011 silam, gunung yang memiliki tinggi 2.891 m dpal itu telah berstatus waspada (level 2).

Menurutnya letusan itu wajar terjadi karena statusnya telah waspada. Pihaknya merekomendasikan masyarakat di sekitar lokasi agar tidak melakukan pendakian hingga radius 3 Km dari puncak.

"Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 km dari kawah atau puncak," kata Sutopo, Minggu (5/6).

Ia juga  mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Pihaknya akan mengupdate informasi jika aktivitas gunung kembali meningkat.

"Masyarakat dihimbau tetap tenang. PVMBG akan menyampaikan peringatan dini lebih lanjut jika kondisi aktivitas gunung meningkat dan membahayakan," tutur Sutopo. (dtc/rm)

BACA JUGA: